Rabu, 28 September 2011

Stik Drum Lagi

setelah yang waktu itu merk drum ama karakteristiknya, kalo yang ini cara milih stik yang baik.
waktu kita mau milih dan beli sepasang stik, mendingan baca dulu yang ini.
  • kalau stik itu dibungkus didalem plastik, minta tolong ke penjualnya buat ngeluarinnya supaya kita bisa meneliti secara langsung.
  • pegang kedua stik itu terus rasain waktu kita mgang, apakah stik itu punya berat yang sama atau beda? kalo beda, jangan ambil stik yang itu mendingan cari yang lain. soalnya stik yang kuat itu harus terasa sedikit berat dan ga kopong waktu dipegang.
  • kalo stik itu seimbang, coba gelindingin stik itu dipermukaan yang rata. waktu stik itu berputar, perhatiin bagian ujung stik itu! kalo bagian ujung stik itu goyang, berarti stik itu ga lurus. nah kalo udah gitu mendingan cari lagi yang lain.
  • kalo kita udah nemuin stik yang memenuhi syarat point kedua sama ketiga, coba mainin stik itu dipermukaan yang ga keras, kayak karpet. apakah suara yang dihasilkan udah cocok dengan selera yang kita mau?
  • yang terakhir, coba mainin lagi pitch dari stik drum itu. kalo mau stik yang sempurna, pokul masing-masing bagian ujung stik ke permukaan ride cymbal. kalo kedua stik itu ga menghasilkan pitch yang sama, tolak aja!
mengenai ukuran-ukurannya, stik drum punya macem-macem ukuran. ini ukuran stik drum  dari yang terkecil sampai yang terbesar.
  1. 7a
  2. jazz
  3. 5a
  4. rock
  5. 5b
  6. 2b
diantar ukuran stik tadi, yang paling standar dan normal adalah ukuran 5a. ukuran stik drum 5a punya beberapa keuntungan, diantaranya mudah dikontrol, ga gampang patah, dan ga ngerusak cymbal. ini terbukti dari peneliatian kalo dengan ukuran stik yang lebih besar, maka bakalan lebih gampang bikin cymbal rusak atau sobek. dan, buat ukuran yang lebih kecil kayak 7a, kelemahannya yang pasti gampang patah, ga tahan lama, ga punya power, jangkauan kurang, dan suara yang dihasilkan pada drum kurang jelas. jadi kalo kita mau mainin drum, lebih baik pakai stik berukuran 5a.

oke sampe situ dulu pengetahuan yang bisa gue bagi-bagiin. semoga bisa berguna. Amin. buat para drummer tetep gebukin drum dan buat indonesia lebih bersemangat.MERDEKA!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar