Senin, 26 September 2011

MERK STIK DRUM DAN KARAKTERISTIKNYA

saat bermain drum usahakan untuk memakai stik ukuran 5a.berikut ini adalah beberapa merk drum dan karakteristik masing-masing:

1. Zidljian. stik ini memang terkenal karena sangat kuat. tapi, ukuran stik ini sendiri agak berbeda-beda dari yang lainnya, karena stik bermerk Zidljian cenderung lebih besar dari merk lain.
2. Pro Mark. Pro Mark adalah satu-satunya stik yang logonya tercantum pada bagian tengah stik. stik ini sangat kuat tetapi keseimbangannya cukup aneh karena stik ini berat pada bagian depannya.

 3. Vic Firth. stik merk ini benar-benar seimbang dan lurus, serta memiliki pitch yang sama. tapi stik Vic Firth ini memiliki satu kelemahan, yaitu mudah patah. jika anda kurang beruntung ketika memilihnya, maka stik Vic Firth milik anda tidak akan beratahan lama dan akan cepat sekali patah. maka berhati-hatilah dalam memilih stik drum bermerk Vic Firth ini.

4. Ahead. merk ini adalah yang paling mahal harganya. memang jika dilihat dari bentuknya cukup gaya dan menarik. tapi, sayangnya pantulan yang dihasilkan sangat mati dan suara drum akan terdengar tidak tajam. Tapi, disis laain, stik bermerk ini cukup tahan lama dan bisa bertahan sampai 6 bulan.


5. Vater. merk ini memiliki banyak sekali pilihan. stik drum Vater ini memiliki keseimbangan yang tidak menentu, maksudnya setiap stik ini memiliki karakter yang berbeda meskipun bentuknya sama.

6. Johny Rabb. stik ini cukup terkenal dengan inovasinya, seperti rhythm saw. tapi rhythm saw itu sendiri berbahaya untuk drum. karena dapat merusak bearing edge, sehingga suara drum anda bisa menjadi kacau dan tidak dapat du-tuning lagi.

 7. Tama. stik drum bermerk Tama adalah stik yang paling kuat dan merupakan yang palinf nyaman untuk dipegang saat memmukulnya pada symbal. tapi sayangnya stik ini sudah jarang dan cukup sulit untuk didapatkan.

8. Regal Tip. stik ini rentan terhadap dingin dan menjadi mudah patah. bagi beberapa orang, mungkin akan merasa bahwa stik ini terlalu licin, tapi juga ada yang mengatakan bahwa stik ini yang paling nyaman. kelemahan dari stik ini addalah jika menggunakan nylon tip, biasanya neck pada ujung stik ikurannya kecil sekali, sehingga mudah patah.

itulah beberapa merk stik drum beserta kelemahan dan kelebihan masing-masing. stik mana yang anda pilih?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar